TELEPHONE COURTESY (SOPAN SANTUN BERTELEPON)


TELEPHONE COURTESY (SOPAN SANTUN BERTELEPON)

a.   Teknik menerima telepon dan tamu di room service

Setiap pesanan yang terjadi di room service sudah pasti akan dilakukan dengan menggunakan telepon. Order-taker adalah petugas yang akan menenimanya, jangan sambil mengunyah sesuatu permen karet, menggigit penmen
Yang menjadi kunci utama adalah kesan pertama dan diberikan oleh order-taker.
Ada beberapa peraturan yang harus diketahui dan dikuasai oleh
bila menerima telepon dan tamu, antara lain:
1)   bagaimana cara menjawab (how to answer).
2)   jawablah dengan segera (answer promptly).
3)   konsentrasi pada pembicaraan (concentrate on the conversation).
4)   berbicara yang jelas (speak distinctly).
5)   berbicara jangan terburu-buru (speak unhurriedly).
6)   berbicana langsung (speak directly).
7)   berbicara menyenangkan (speak pleasantly).
8)   panggillah nama tamu (call every guest by name).
9)   siap membantu (be helpful).
10)   memohon maaf bila terjadi kesalahan/keterlambatan (apologize errors and  delays).
11)   ucapkan tenima kasih sebelum telepon ditutup
 (say thank you ending calls).

b.   Teknik menjawab pesanan tamu
1)   How to Answer
Pertama kali mengangkat telepon ucapkanlah “Good morning ?
noon/evening. Room Service speaking, may I help you, Sir/Mam?”

2)   Answer Promptly
Usahakan mengangkat gagang telepon sebelum dening kedua, dan
jangan biarkan telepon berdering lebih dan tiga kali.
3)   Concentrate On the Conversation
Pusatkan perhatian pada pembicaraan tamu agar tidak tenjadi kesalahan. Tamu tidak mau tahu apakah kita sedang sibuk atau tidak, karena teleponnya sangat penting. Cara yang terbaik adalah pusatkan perhatian pada pembicara/tamu, janganlah menjawab sambil berbicara dengan teman pada waktu melaksanakan tugas.

4)   Speak stinctly
Berbicara secara jelas, dalam mulut seperti menggigit pensi I, dan lain-lain.
5)   Speak I ‘nhurriedly
Bila menjawab telepon                                                 Bila menjawab telpon dari tamu, jangan terburu-buru sehingga terdengar oleh tamu seperti orang bergumam. Tamu juga akan merasa diburu-buru dan hal ini akan menyinggung perasaannya.
6)   Speak Pleasantly
Berbicaralah dengan nada yang menyenangkan, jangan sampai adanada kesal atau berteriak. Hal mi akan membuat tamu merasa tidak nyaman
7)   Call Every Guest by Name
Usahakan memanggil nama tamu bila kita sudah mengetahumnya, misalnya “Mr. Ardjuno”, dan lain-lain. Hal ini sangat penting sebagai penghargaan kepada tamu yang menginap di hotel.
8)   Be Helpful Order-taker
Harus selalu siap membantu bila ada tamu yang menginginkan penjelasan yang belum diketahuinya.
9)   Apologize for Errors and Delay
Segera telepon tamu yang memesan bila terjadi kesalahan atau keterlambatan dalam pengiriman makanan atau minuman yang dipesannya.
10)   Say Thank You Before Ending Calls
Setelah tamu selesai menelepon dengan pesanannya, segera ucapkan tenima kasih dengan rasa senang hati dan siap membantu bila ada keperluan lainnya. Letakkanlah gagang telepon setelah tamu meletakkan gagang teleponnya lebih dahulu.

c.   Menanggapi permintaan lain
1)   drug and sundries. Sarankan kepada tamu untuk meminta bantuan bell captain untuk pergi ke bagian giftshop.
2)   towel. Sarankan kepada tamu untuk menghubungi langsung ke bagian housekeeping.



Previous
Next Post »
0 Komentar